Rujak, Cinta & Jodoh

>> Sunday, December 11, 2011





Rujak, Cinta, dan Jodoh... itu mulai membuka cerita kami tentang KRISTUS dan CINTA kekalNYA bagi manusia.

---------------------------------------------------------------------------------

Waktu acara Rujakan di rumahku, Sabtu kemarin.

"Haaaaaaaaaaaaaaaaaa!!! ini dia orangnya yang tepat bicara beginian..." seru Yani ketika melihatku datang

"Apa sih? Ada apa ini??? Kalian sedang ngobrol soal apa?" tanyaku

"Ini lho mbak... mereka tanya tentang jodoh, pasangan hidup dan masa depan" jelas Yani

"Lhoh! Bukannya aku juga sama seperti kalian? Masih single & very happy.." kataku

"Iya, tapi kan' dirimu orangnya tenang banget, sepertinya tidak pernah terganggu dengan hal seperti itu..." timpal Yani lagi

"Ehmmmm..."

"Ayolah.. bicara, kasih tahu rahasianya..." desak Yani

"Okelah.. hmmmmm siapa yang bilang aku tidak pernah terganggu. Aku manusia. Hidup di bumi ini, mendengar apa yang orang lain katakan juga. Setiap waktu pikiran itu bisa saja menggangguku, tapi pertanyaannya apakah aku mau diganggu terus-terusan? Bukannya hidup itu bukan hanya sekedar berisi masalah pasangan hidup dan masa depan?"

"Lalu?? Bagaimana bisa tenang?" tanya Eti teman baru kami

"Ehmmm... aku belajar dari sekitarku... lihatlah burung di udara.... setiap pagi mereka keluar mencari makan, dan tetap mendapatkan makanan 'kan? Lalu... bunga di pinggir jalan itu... sadarkah kalian kalau mereka indah? Ada Tuhan yang menyediakan segala sesuatu"

"Terus.. terus..." kali ini Peni teman baru kami yang lain lagi menimpali penjelasanku

"Aku kasih kalian cerita. Aku ini pimpinan di perusahaan tempat aku bekerja. Pas kemarin menjelang lebaran, aku udah janji kepada para karyawan kalau THR akan kubagikan tanggal sekian, misalnya 25. Aku janji... dan pasti kutepati, karena aku sudah mengumpulkan dana untuk itu. Tapi apa yang terjadi? Kondisi harian tamu sepi karena bulan puasa, dan hampir semua karyawan resah. Setiap kali aku lewat di satu departemen, maka aku mendengar keluh kesah mereka. Mereka tidak yakin aku menepati janji. Aku diam saja. Aku tahu janjiku, dan aku pasti menepatinya. Tapi mereka? dengan kekuatiran mereka memperbincangkan semua hal... seperti itulah manusia"

"Ya ya ya... aku mulai mengerti..." sahut seseorang di situ sambil mengangguk - anggukkan kepala

"Kita bisa resah, bisa ketakutan akan banyak hal di kehidupan kita. Apalagi waktu mendengar orang bicara tentang hal-hal negatif. Tetapi ada Tuhan. Dan DIA lebih dari bos dunia seperti aku... Dia pasti menepati janjiNya... betul kan??" jelasku lagi

"Tapi bagaimana menemukan dan memilih orang yang mencintai kita dengan tepat? Bagaimana bisa memiliki rasa 'aman'? "

"Aku ini masih single juga lhoooooo!! Ha ha ha ha ha... sebenarnya ini bukan masalah menemukan, memilih, mencintai ataupun dicintai... sebelum ku bahas lebih lanjut boleh nggak kita bertanya apakah kita sudah mencintai TUHAN yang telah mencintai kita dengan sebegitu besarnya???"

........................ dan pembicaraan kami berlanjut dengan acara rujakan yang seru.

Eti, Peni, teman baru kami yang kukenal waktu aku nongkrong di Jalan Pahlawan di suatu malam minggu beberapa waktu lalu. Mereka dari agama lain. Aku & Wahyu sudah main ke rumahnya, dan sekarang gantian mereka yang ke rumahku.

Pertanyaan tentang cinta, jodoh, pasangan hidup dan masa depan adalah pertanyaan ke sekian kalinya yang diajukan padaku. Sebelumnya, hal itu jadi hal yang... bukannya sulit tapi mungkin lebih tepatnya enggan untuk kubahas lebih lanjut. Tapi, ... ketika kutemukan rasa 'aman' yang besar itu sekarang.. rasanya aku lebih lepas membicarakan hal tersebut... :D

Rasa aman, nyaman, itu tidak mudah. Ada perjuangan setiap waktu untuk menyatakannya pada jiwa yang kadangkala diserang perasaan 'kalang kabut' tidak jelas. Ha ha ha... tapi bukannya pilihan untuk terganggu atau tidak, menang atau tidak, ada pada kita sendiri setiap waktunya?? Jadi??

Bertemu dengan teman seperti mereka, berbicara, tertawa, dan bercerita tentang banyak hal membukakan lagi sesuatu yang bernama "gairah" itu di dalam diriku. Apalagi waktu aku mulai berbicara tentang Tuhan kepada mereka. Berita Injil keselamatan akan sampai kepada mereka...

Dan aku yakin... jika mereka menerimaNya, sukacitanya akan melebihi apapun yang bisa dunia tawarkan... bagi mereka dan bagi kami sendiri!

Ahhh! Rujak, Cinta, dan Jodoh... itu mulai membuka cerita kami tentang KRISTUS dan CINTA kekalNYA bagi manusia.


---------------Cerita ini masih terus berlanjut---------------------


I', 21 Nov'11

0 comments:

  © Blogger templates Romantico by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP